Bisnis Waralaba Modal Kecil – Daftar Usaha Waralaba Murah Terlaris

Bisnis Waralaba Modal Kecil

Saat ini sudah banyak pengusaha muda menjalankan bisnis waralaba di Indonesia. Ada banyak jenis usaha waralaba yang ditawarkan. Bagi pengusaha muda waralaba modal kecil tentu sangat menarik namun bagi yang memiliki modal cukup tentu memiliki lebih banyak pilihan sesuai minatnya.

Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang memiliki banyak pilihan. Ada berbagai jenis usaha waralaba, seperti waralaba supermarket, waralaba makanan dan minuman, waralaba laundry kiloan dan lain sebagainya. Investasi waralaba nampaknya menjadi pililhan menarik bagi pengusaha muda yang memiliki modal namun tidak berpengalaman dalam membangun bisnis sendiri.

Cara Memulai Bisnis Waralaba

Sebelum memutuskan frachise atau waralaba mana yang akan Anda pilih maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu; Brand, Fee Royalti, Tempat usaha, Modal, Arus Kas dan Pembukuan.

1. Brand Terpercaya

Ini merupakan hal terpaling, jangan sampai salah. Pilihlah waralaba yang sudah cukup terkenal. Selidiki berapa lama Brand tersebut berkiprah dibidang waralaba, berapa jumlah cabangnya. jangan memilih Brand yang baru berdiri apalagi hanya memiliki sedikit outlet.

2. Modal

Pada umumnya franchisee menggunakan modal sendiri  oleh karena itu harus dihitung dengan cermat baik modal awal maupun modal kerja untuk 1 tahun. Dengan pertimbangan yang matang maka dapat diperkirakan berapa keuntungan yang didapat.

3. Syarat dan Ketentuan

Hati-hati dalam hal ini. Syarat dan ketentuan ditulis sangat panjang sehingga Anda malas untuk membaca dengan teliti. Ingat, syarat dan ketentuan biasanya menguntungkan pihak Franchisor. Perhatikan juga fasilitas yang diberikan apakah harganya wajar atau dimark-up terlalu tinggi.

4. Fee Royalti

Fee royalti harus benar-benar dipertimbangkan, apakah pendapatan usaha cukup untuk membayar fee royalti. Tanyakan apakah fee royalti tetap atau berubah pada tahun berikutnya. Jangan sampai royalti naik karena Anda dianggap memiliki keuntungan yang besar.

5. Tempat dan Lokasi

Sewa tempat usaha biasanya memakan biaya yang cukup besar sehingga perlu diperhatikan dengan seksama. Biaya sewa sangat berpengaruh pada kelangsungan usaha waralaba yang sedang dijalankan. Keuntungan atau kerugian usaha akan terlihat pada awal tahun berikutnya.

Waralaba makanan sebaiknya dilokasi yang ramai dan strategis seperti sekolah, universitas, gedung perkantoran, atau pasar. Sebaliknya waralaba laundry kiloan lebih cocok didepan perumahan dijalan yang tidak terlalu besar. Kemudahan akses dan juga keamanan cukup berpengaruh pada jumlah pelanggan yang datang ke tempat Anda.

6. Pembukuan

Seluruh transaksi harus dicatat. Buat pembukuan yang profesional. Biaya seperti sewa tempat, listrik, telepon, hingga gaji pegawai dicatat pada kolom tersendiri begitu juga pendapatan. Jaga jangan sampai ada transaksi tidak tercatat. Lakukan kontrol secara rutin walaupun sistem sudah berjalan lancar.

7. Memiliki Konsumen

Memilih waralaba yang sudah cukup terkenal dan memiliki banyak konsumen akan lebih menguntungkan. Selain dapat menekan resiko kerugian usaha juga dapat langsung berjalan dengan baik.

8. Mudah Dijalankan

Pastikan bahwa usaha franchise yang akan dijalankan dapat dikerjakan dengan mudah dan praktis. Jangan sampai pekerjaan menyita waktu dan pikiran.

9. Harga Produk

Keberhasilan bisnis waralaba ditentukan oleh harga jual produk. Lokasi usaha berperan penting dalam menentukan harga jual. Di Mall makanan yang sama bisa dijual lebih mahal dibanding dipasar, karena itu jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tidak sesuai dengan kondisi ekonomi pada lingkungan tempat usaha.

10. Pelayanan Yang Baik

Garansi dan layanan purna jual sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup usaha. Pilih waralaba yang memberikan garansi mutu produk maupun kelancaran distribusinya.

Dengan perhitungan yang matang maka anda dapat memilih mana bisnis waralaba yang menjanjikan keberlangsungan usaha dan keuntungan cukup besar.

Jenis Usaha Waralaba

Menurut International Franchise Assocoation (IFA) terdapat empat jenis waralaba yang umumnya digunakan yaitu sebagai berikut:

1. Product Franchise

Waralaba product franchise produsen memiliki hak dalam mengontrol secara penuh terhadap distribusikan produknya. Didalam kontrak akan disebutkan bahwa produsen memperbolehkan pemilik toko untuk dapat menggunakan merek dan hak ciptanya. Waralaba ini biasa digunakan untuk penjualan alat elektronik

2. Manufacturing Franchise

Dalam waralaba jenis manufacturing franchise, franchisee diberi hak untuk memproduksi produk dan menjual kepada masyarakat dengan syarat harus menggunakan merek merek pewaralaba. Waralaba ini biasa untuk waralaba makanan dan minuman. Waralaba ini biasa digunakan untuk pemilik pabrik atau yang memiliki alat produksi sendiri.

3. Business Opportunity Ventures

Waralaba ini mewajibkan francishee untuk membeli dan mendistribusikan produk-produk dari perusahaan tertentu. Franchisee juga harus mencari sendiri pelanggannya. Waralaba ini biasa digunakan oleh distributor.

4. Business Format Franchising

Jenis waralaba yang cukup terkenal sebab setiap franchisee boleh menggunakan nama dan merk dagang sendiri. Waralaba ini biasa digunakan untuk usaha makanan dan minuman

Dari keempat jenis waralaba tersebut nampaknya jenis business format franchising merupakan jenis yang paling menarik.

Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman Murah dan Laris

Usaha waralaba makanan memang menjadi favorit bagi para pengusaha muda karena selain hanya butuh modal kecil keuntungan bisa mencapai diatas 100%. Walaupun bisnis waralaba makanan dan minuman cukup mudah dijalankan namun tetap dituntut kerja keras agar menghasilkan keuntungan yang memadai. Karena itu pilihlah usaha waralaba makanan dan minuman yang cocok dengan minat Anda. Anda dapat memilih bisnis waralaba yang lagi booming dan harganya terjangkau.

Berikut ini beberapa waralaba makanan dengan modal di bawah Rp 10 juta:

1. AICE Ice Cream

AICE adalah perusahaan Ice Cream di Indonesia dengan induk perusahaan di Singapura. Produk-produk es krim dari AICE di antaranya, Bingo, Nanas, Semangka, Toffie Koffie, Milk Melon, AICE Funky, dan masih banyak lagi. Harga es krim Aice memiliki cukup terjangkau, mulai dari Rp 2.000,- hingga Rp 10.000,-.

Nama Perusahaan: AICE Singapura
Tipe Usaha: Distributor, Agen, Reseller/Toko/Gerai Es Krim
Jenis Waralaba: Distributor, Agen, ataupun Reseller/Gerai Es krim
Tahun Berdiri: 2014
Franchise Fee: –
Modal Awal: ± Rp 500.000
Alamat: Golf Lake Residence Ruko Blok Paris A No. 82-83, Jl.Kamal Outer Ring Road RT. 14 RW. 11 Cengkareng Timur, Jakarta Barat 1730.
Telp: +62 21 2952 6366, Fax : +62 21 2952 6368

2. Tahu Gila

Perusahaan tahu gila sudah berdiri selama 5 tahun, suatu perjalanan panjang yang patut diapresiasi dan dapat dipercaya.

Perusahaan: PT Raos Aneka Pangan
Tipe Usaha: Makanan ringan olahan tahu
Deskripsi: Paket Franchise makanan ringan olahan tahu dengan konsep portable booth
Tahun Berdiri: 2013
Franchise Fee: –
Modal Awal: ±Rp 5,7 juta
Perkiraan BEP: 4 bulan
Alamat: Yogyakarta, Indonesia
Telp: 082225591182

3. Jagung Manis Fantastic

Jagung manis merupakan cemilan yang banyak peminatnya. Dengan investasi yang kompetitif banyak kalangan dapat menjadi pengusaha. Waralaba Jagung Manis Fantastic dapat dijalankan siapa saja baik pekerja kantoran, ibu rumah tangga, mahasiswa/i , atau karyawan.

Perusahaan: FANTASTIC SWEET CORN
Tipe Usaha: Gerai jagung manis cup
Deskripsi: Gerai yang menjual jagung manis pipilan olahan
Tahun Berdiri: –
Franchise Fee: –
Modal Awal: ±Rp 6 juta
Perkiraan BEP: ±2 bulan
Alamat: Jl. Mandor Hasan Komp. PWI No. 60A Cipayung, Jakarta Timur
Telp: 081395308668

4. Kingkong Sosis

Kingkong Sosis merupakan franchise sosis bakar yang cukup laris. Rasa sosis sangat cocok dengan lidah oang Indonesia. Bumbu yang khas dan bahan baku pilihan terbaik membuat Kingkong Sosis sangat diminati oleh pengusaha muda.

Perusahaan: Kingkong Sosis
Tipe Usaha: Booth/stand sosis bakar
Deskripsi: Paket usaha booth dengan sosis bakar ala street food
Tahun Berdiri: 2013
Franchise Fee: sistem paket investasi
Modal Awal: ±Rp 5,6 juta
Perkiraan BEP: ±2 bulan
Alamat: Jl. Mawar 212 A, Badran, Laweyan, Surakarta 57142
Telp: 081227227033

5. Cetroo Coffee

Brand franchise minuman kopi dari Cetroo Coffee membuka peluang usaha paket waralaba minuman gerobakan maupun paket franchise cafe murah. Rasa kopi yang enak dengan harga jual terjangkau.

Perusahaan: Sandi Foorage
Tipe Usaha: Minuman Cepat Saji, berkonsep booth dan mini cafe
Deskripsi: Minuman Kopi dengan Berbagai Varian Rasa
Tahun Berdiri: 2009
Franchise Fee: Sistem paket investasi
Modal Awal: Mulai ±Rp 9,5 juta
Perkiraan BEP: ±3 bulan
Alamat: Kendal, Jawa Tengah
Hp: 0877 0017 4488

6. Mr. John Roti John

Peluang usaha waralaba dari Mr. John memiliki konsep khas Singaporeyakni modern, open kitchen, serta bebas royalti. Rasa roti Mr. John sangat unik dan enak disukai oleh semua kalangan.

Perusahaan: CV ADHIWA INNOVATION
Tipe Usaha: Booth/stand makanan Roti John
Deskripsi: Franchise yang menyediakan usaha Roti John berkonsep stand/booth
Tahun Berdiri: 2014
Franchise Fee: –
Total Modal awal: ±Rp 8 juta
Perkiraan BEP: –
Alamat: Sanggrahan Bumirejo Mungkid Magelang
Telp: 081393526233

7. Mobo Thai Tea

Minuman yang sedang sangat digandrungi. Bisa diastikan gerai-gerai yang menjual thai tea selalu terlihat ramai.

Perusahaan: Mobo
Tipe Usaha: Stand/booth minuman
Deskripsi: Mobo menyediakan minuman Teh Thailand dengan konsep booth/stand
Tahun Berdiri: 2018
Franchise Fee: –
Modal Awal: ±Rp 6,5juta
Perkiraan BEP: –
Alamat: Jl. Merak RT/RW 04/22 Waringinrejo, Cemani, Grogol, Sukoharjo
Telp: 0857 9999 6700

8. Candy Crepes

Crepes merupakan salah satu jenis jajanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Bentuknya yang tipis dan garing serta memiliki berbagai varian isi dan toping membuatnya digemari bukan hanya oleh anak-anak namun juga oleh orang dewasa.

Perusahaan: Candy Crepes
Tipe Usaha: Franchise makanan
Deskripsi: Waralaba makanan ringan/cemilan crepes
Tahun Berdiri: 2013
Franchise Fee:
Modal Awal: ± Rp 6,7 – 9,8 juta
Perkiraan BEP: ± 1-2 bulan
Alamat: Jl. Kenanga No. 14 Badran, Purwosari, Laweyan, Solo – 57142
Telp: 081331546611 | candycrepes.id@gmail.com

9. Nyoklat Yuk

Minuman coklat sangat disukai oleh anak sekolah dan mahasiswa/i yang suka kumpul ditempat cozy.

Perusahaan: Nyoklat Yuk
Tipe Usaha: Booth Minuman Coklat
Deskripsi: Waralaba yang menjalin kerjasama minuman coklat
Tahun Berdiri: 2017
Franchise Fee: –
Total modal awal: ±Rp 9,8 juta
Alamat: Kendal, Jawa Tengah
Telp: 0812-1576-7606

10. Mabok Duren

Minuman durian fresh dan segar, buah dipetik langsung dari perkebunan di Madiun, Jawa Timur. Dengan modal dibawah 10 juta Anda mendapatkan paket franchise lengkap dan dapat langsung dijalankan.

Perusahaan: –
Tipe Usaha: Gerai yang menyediakan durian segar
Deskripsi: Menyediakan olahan durian segar dalam bentuk minuman.
Tahun Berdiri: –
Franchise Fee: –
Modal Awal: ±Rp 4.2 juta
Perkiraan BEP: –
Alamat: Perum Griya Bungah Asri Blok F No 17 Bungah Gresik 61152
Telp: 0856-0850-3420, Email: cs.mabokduren@gmail.com

Semoga bisnis waralaba yang Anda jalankan belangsung dengan baik dan menguntungkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *